A Good Person, Friend

A Good Person, Friend
12:45 January, 02, 2017 . by eka

Bismillahirrahmannirrahim

Teman

Makhluk yang selama ini digambarkan sebagai sosok yang selalu ada disetiap langkah kehidupan . Kita dipertemukan oleh Allah untuk saling menemani, bahkan tidak cuma itu. Teman harus saling menolong disaat susah dan senang. Misalnya pas kita lagi butuh uang, teman yang baik biasanya selalu ikhlas memberi tanpa merasa risih bahkan dia menganggap hal itu sebagai sesuatu yang lumrah. Itu contoh menolong ketika susah. Contoh menolong disaat senang itu, misalnya kalian bukan tipikel orang yang suka makan, tapi selalu dibawain bekel sama ibu tercinta. Disaat inilah teman sangat berguna, mereka akan rela menghabiskan bekel kalian dengan dasar untuk berhemat dihari ini.

Teman itu sosok yang tidak bisa dibilang sempurna, karena dia manusia dan bukan malaikat. Seorang teman bisa saja melakukan kesalahan dan disetiap kesalahan yang mereka lakuin, kesabaran kita diuji. Allah menitipkan seorang hamba dikehidupan kita untuk menemani kita dalam menjalani kehidupan. Ingat, teman ada dua tipe, yaitu teman yang baik dan teman yang kurang baik. Pertama, teman yang baik. Saat kalian menjadi orang yang sangat beruntung karena oleh Allah diberikan teman yang baik, kalian harus sangat bersyukur. Karena bukan hanya akan menolong di dunia, tapi insyaallah juga akan menolong kalian di akhirat. Teman yang seperti inilah yang sulit untuk didapat. Saya sendiri sudah banyak mengenal bermacam sikap dan perilaku manusia selama saya hidup, tapi dari sekian banyak teman, dengan melihat sikap dan perilakunya. Saya hanya memiliki sedikit sekali teman yang baik. Kebaikan yang saya maksud disini, yaitu selalu mengingatkan dalam hal kebaikan di dunia untuk mencapai yang terbaik di akhirat. Kawan, beruntunglah kalian karena memiliki teman-teman yang baik disekeliling kalian.

Kedua, teman yang kurang baik. Mereka akan sangat tidak peduli dengan apa yang kalian lakukan, karena yang mereka pikirkan hanya diri mereka sendiri. Semua tentang mereka dan kalian harus selalu suka dengan apa yang mereka lakukan. Mungkin disaat kalian memiliki teman seperti ini, kalian akan sangat merasa lelah hati dengan segala hal yang kalian dapat dari pertemanan. Sudah tidak ada faedahnya, yang ada malah bikin susah. Untungnya kalian orang yang cukup sabar, karena kalian masih mau berteman dengan orang seperti itu. Untuk kalian orang-orang sabar yang punya teman seperti ini, kalian sendirilah yang harus mengingatkan dia tentang kebaikan. Seperti halnya teman yang baik, karena tidak selamanya orang baik berteman dengan yang baik pula, kadang orang baik juga berteman dengan orang yang kurang baik untuk meningkatkan pahala dan kesabaran.

Menjalin sebuah hubungan pertemanan merupakan hal yang sangat baik, dalam islam pun diajarkan untuk saling menjalin tali silahturahmi, salah satunya dengan hubungan pertemanan. Hubungan pertemanan memberikan banyak sekali manfaat, misalnya menambah informasi, membuka wawasan, menambah lebih banyak teman, menjadi lebih bersemangat, dan masih banyak lagi.

Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat dan menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiin.

               

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini