Cara Mudah Agar Tidak Dibully

Cara Mudah Agar Tidak Dibully
09:34 December, 01, 2016 . by sandi suhendi

Bullying ini merupakan tindakan kekerasan atau proses intimidasi yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok terhadap seseorang yang cukup malang nasibnya. Biasanya sih, aksi bullying ini bisa terjadi di lingkungan sekolah, pertemanan, keluarga, atau bahkan di tongkrongan juga *pengalaman*. Pokoknya bisa kejadian dimana-mana deh..

Mungkin selama ini kamu ngira banget kalbullying cuma bisa terjadi sama anak-anak yang culun yaa. salah banget.. karena sesungguhnya sih bullying bisa terjadi kapan saja lo bahkan dimana saja. Bisa karena kecemburuan sosial, strata sosial, senioritas, atau bisa jadi kamu lagi sial banget apes deh, bisa aja cuma karena iseng.

Menurut saya sih prihatin banget deh dengan yang kaya ginian. Nahh.. hari ini saya akan berbagi ilmu cara-cara agar kamu tidak dibully lagi!!

  • Bersikap Normal

Mungkin kamu ini bertingkah beda dari yang lainnya sehingga kamu ini dibully. Instrospeksi  diri deh, apakah ada yang salah dari diri kalian? Nah ini perlu direnungkan.

Kamu bisa tanyain deh langsung ke temen kamu, curhat/sahabatmu sendiri. Apakah ada yang janggal, beda, buruk, salah selama ini. Jika terbukti ada problem, maka kamu harus merubahnya langsung. Cobalah perlahan-lahan hingga akhirnya kamu sangat terbiasa. Intinya sih, jangan bikin temen-temen disekeliling itu ngerasain aneh curiga di dekatmu, jadilah teman yang biasa-biasa saja layaknya teman lainnya.
 

  • Jangan Baperan apalagi lebay

Biasanya sih para bully ini memilih orang-orang yang lebay banget alias terlihat terlalu berlebihan baperan anaknya. Terlalu berlebihannya ini bisa macem-macem sih yaa, bisa karena kamu terlalu jelek mungkin, terlalu culun, terlalu ganteng, terlalu pinter, atau mungkin terlalu kaya . Agak absurd sih keliatan nya juga. Mungkin para bully ini iri sama orang-orang yang berlebihan ini. Tapi yaha, kata orang memang bener segala sesuatu yang berlebihan itu gak bagus lho. Jadi kalo bisa sih jangan terlalu berlebihan yah. Nah, trus gimana kalo dari sananya kamu emang udah terlalu ganteng dan keren? *kaya gue* Yah, yang penting bersikap tetap bersikap rendah hati sih ramah, lapang dada.

  • Laporin Ke Pihak Yang Berwajib (hukum)

Sebenernya sih aksi bullying ini udah masuk pelanggaran hukum lho, Kalo kamu ngerasa aksi bully yang dilakukan ke kamu itu sudah kelewat batas nih ya, gak bisa ditolerir lagi, ya sebaiknya kamu jangan ragu-ragu deh laporin hal ini ke pihak yang berwajib. Bisa ke kepala sekolah, guru, polisi. Pokoknya laporin ke orang-orang yang bisa menindak mereka secara hukum yang berlaku deh yang ada di UUD. Biar mereka kapok. Hari gini masih jaman gitu main bully-bullyan.

  • Jadi Jagoan, Buktikan ke Mereka !

Ini nih bagian point yang lumayan penting. Nah.. Buktiin langsung kalo kamu itu bisa! Bisa lakuin sesuatu yang positif dan bermanfaat banget.

Jika kamu bisa menggali potensi yang ada dalam diri, ya seperti mengasah kemampuanmu dengan lebih optimal, otomatis orang-orang di sekitarmu akan tahu bahwa kamu itu memiliki kelebihan.

Misalkan saja kamu suka Olahraga. Gali lebih dalam lagi mengenai bidang olahraga yang kalian suka. Belajar, belajar dan terus lah belajar. Kemampuanmu tentunya pasti akan bertambah seiring berjalannya waktu ..
Jika kemampuanmu itu sudah terasa cukup nih ya, Buktinn kamu bisa ya ikutin lomba atau apa ke jadi semua orang tau kalo kamu itu bisa jagoan. Setelah itu sih Kamu bisa jadi orang tenar mendadak *naik daun*. Pastinya bener-bener keren kan jadi orang tenar pemesssttz.

Dan, akhirnya akan banyak orang yang mengagumimu #pukpukpuk..

  • Pindah atau pergi (kabur)

mungkin ada baiknya juga kalo kamu pindah dari lingkungan tersebut. Yaaa kalo dipikir-pikir sih ngapain juga ada di lingkungan yang masih aja main bully-bullyan udah ga jaman. Maksudnya biar apa sih gunanya? Kalo dibully trus jadi lebih kuat gitu? Gak ada hubungannya sama sekali. Orang ngebully ini karena suka aja ngeliat orang lain tersiksa. Jadi kalo kamu emang ngerasa lingkungannya sama sekali gak mendukung kamu, mending sih kamu pindah aja cabut dari lingkungan itu. 

  • Terima Nasib 

Ini bukan termasuk solusi yang mudah dan enak sih. Tapi kalo kamu anaknya sabar sih lapang dada aja dan memiliki selera humor yang luar biasa, mungkin kamu bisa mencoba untuk pasrah aja dan justru membuat aksi bully-bullyan itu menjadi sesuatu yang lucu sehingga malah menghibur para orang yang membully kamu jadi ada arus baliknya. Pada awalnya sih kamu pasti malah akan menjadi favorit para bullying di lingkungan anda, tapi lama kelamaan mereka pasti akan menganggap kamu anaknya asik trus kamu gak dibully lagi deh ciee temenan sama anak Bullying.

  • Jadi Seorang Pembully

Sebenernya sih ini bukanlah hal yang menyenangkan yaa, jujur saya sih gak terlalu suka sama cara ini. Tapi cara ini juga cenderung aman banget kalo kamu mau terhindar dari aksi bullying tersebut. Kamu langsung bisa mendekati orang-orang yang suka membully dan sok baik-baik gitu deh sama mereka, modus dulu bisa pasti. Biasanya sih mereka langsung jadi baik sama kamu trus kamu bisa deh jadi temen mereka. Sama aja kita daftar ke gang bullying dengan secara tidak langsung, Tapi kalo kamu berlebihan...yah mungkin jadi dibully juga sih, hati hati kena zonk. Ingat deh bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik banget.

 

Nah begitulah... Semoga dari tips dari saya ini bisa bantu kamu untuk terlepas dari aksi bully-bullyan ini. Lagian ngapain sih hari gini masih main bully-bullyan? Primitif ah udah ga jaman sekarang waktu nya solidaritas yang di utamain.

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini