Karena Kita Tidak Selamanya Hidup

Karena Kita Tidak Selamanya Hidup
01:03 January, 06, 2017 . by eka

Bismillahirrahmannirrahim

 

Akan datang hari

Mulut dikunci

Kata tak ada lagi

Akan tiba masa

Tak ada suara

Dari mulut kita

Ini merupakan  sepenggal lirik lagu dari penyanyi Chrisye. Lirik lagu diatas mempunyai makna yang sangat dalam buat saya. Lagu Chrisye ini mengingatkan saya dan bukan cuma saya, untuk mengingat yang namanya kematian. Kalian pasti tau, kalo hidup ini hanya sebentar  dan segala yang ada di dunia merupakan hal yang fana, atau bersifat sementara dan tidak kekal/abadi.  Allah S.W.T. berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.” (Q.S Al Ankabuut : 57)

Ayat diatas menjelaskan bahwa setiap yang hidup pasti akan mati dan hanya kepada Allah, dia akan kembali.

Mati menurut pengertian secara umum adalah keluarnya Ruh dari jasad. Menurut ilmu kedokteran, orang baru akan dikatakan mati jika jantungnya sudah berhenti berdenyut.

Kematian itu pasti bagi setiap yang bernyawa, tapi tidak ada yang tau kapan ajal tiba, maka yang dapat kita lakukan hanya menunggu. Menunggu bukan berarti pasrah dan diam saja tanpa melakukan apapun, justru kita seharusnya lebih mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. agar kapanpun kematian menghampiri, kita sudah siap sedia. Seperti halnya seorang tentara, selalu berlatih dan mempersiapkan diri. Sehingga jika tiba-tiba negara diserang dan terjadi perang, maka tentara akan selalu siap.

Dengan mengambil contoh sikap dari seorang tentara, seharusnya dalam menghadapi kematian, kita tidak perlu takut. Bahkan seharusnya kita perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, agar ketika ajal tiba, tidak ada penyesalan dalam hidup. Dan insyaallah, hembusan nafas terakhir dari hidup kita akan terasa ringan. Semoga kita semua mati dalam keadaan khusnul khotimah, aamiin.

Source:

Albashiroh. (2015), “Ayat-ayat kematian dalam Al-Quran.” http://albashiroh.com/ayat-ayat-kematian-dalam-al-quran/ (diakses pada 4 Januari, 2016)

Fadhilza. (2009), “KEMATIAN MENURUT AL-QUR’AN.” http://www.fadhilza.com/2009/08/kkehidupan-akhirat/kematian-menurut-al-qur%E2%80%99an.html (diakses pada 4 Januari, 2016)

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini