Mantan tidak perlu dijadikan musuh,menjalin hubungan memang indah,tapi lebih indah menjalin sillaturahmi saat hubungan kandas

Mantan tidak perlu dijadikan musuh,menjalin hubungan memang indah,tapi lebih indah menjalin sillaturahmi saat hubungan kandas
02:46 January, 11, 2017 . by resti aswatul ayni

                                                                   asa.jpg

 

*Sesi perkenalan

 

Haloo abang-abang,kaka-kaka dan om-om ciusmiapah hehe,sebelum saya memulai menulis artikel ini,saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu karena ada pribahasa mengatakan ‘’tak kenal maka tak sayang,tak sayang maka tak cinta’’ perkenalkan nama saya Resti Aswatul Ayni.Cukup bagus yah namanya?iyain aja dulu biar saya nya senang :D, arti namanya apa ya? habis bukan orang tua yang kasih nama mungkin karena orang tua saya sudah pusing 7 keliling memberi nama anak mereka 8 lain nya,saya adalah anak ke-9 dari 9 bersaudara ,saya anak bungsu,kadang bingung juga sama arti nama sendiri,tapi saya selalu bersyukur memiliki nama dan selalu bersyukur telah di lahirkan,hampir saja keluarga saya bisa jadi pemain bola hahah okeoke saya rasa itu tidak luc,.Saya biasa dipanggil resti,saya berasal dari kota padang provinsi sumatera barat,saya tau ada lomba artikel ini karna nge stalk fb dan instagram om-om ciusmiapah hehe,makanya saya ikut mengikuti nya :D .nanti kalo saya menang saya kasih rendang padang buatan sendiri wahahaha ini ciusloh miapah?ya demi ciusmiapah lah :D Disini resti akan pilih tema ‘’MANTAN’’ ,yuk cekidottttt….

 

 

Mantan tidak perlu dijadikan musuh,menjalin hubungan memang indah,tapi lebih indah menjalin sillaturahmi saat hubungan telah kandas

 

Semua orang percaya dengan cinta?ada yang percaya ada yang tidak,cinta memang bisa membuat kita melakukan apa saja,bisa membuat tertawa dan yang membuat kita ingin menangis itu semua memang karena cinta.

Dalam setiap kehidupan pasti akan selalu ada yang namanya ‘’kita membutuhkan orang lain’’ karena semua orang tahu bahwa tidak ada yang bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan orang lain,begitupun halnya dengan sebuah hubungan.

Ada banyak macam-macam jenis hubungan salah satu contohnya adalah: hubungan sepasang kekasih(percintaan).

 

Melamarr.jpg

 

 

Sebuah hubungan dapat terjalin jika ada dua orang yang berlawanan jenis (lelaki dan perempuan) ingat lelaki dan perempuan,bukan lelaki dengan lelaki ataupun perempuan dengan perempuan tetapi lelaki dan perempuan.Jika lelaki dan perempuan memiliki perasaan yang sama yaitu perasaan dimana kasih sayang,perasaan cinta yang dipadu untuk dapat merasakan indahnya hidup ini jika diisi serta dinikmati dengan hal-hal yang menyenangkan bersama orang yang kita kasihi serta kita sayangi hingga membuat kita bahagia lalu akan terbentuklah sedikit demi sedikit kenyamanan dan sebuah kesederhanaan.

Menjalin hubungan yang sesuai dengan keinginan kita tidaklah mudah,tidak semudah kita nge judge seseorang yang belum kita ketahui luar dan dalam kepribadian nya,kita hanya menilai dari cover tanpa mencari tahu alasan-alasan yang terdapat di balik orang tersebut,faktanya menjalin sebuah hubungan tidak semudah itu,karena sedikit saja kesalahpahaman akan menyebabkan timbul nya perselisihan,sesungguhnya menjalin hubungan yang sesuai dengan keinginan adalah suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh kalangan-kalangan yang masih bermain-main dalam sebuah hubungan atau biasa di bilang dengan orang yang tidak serius menjalin hubungan,tapi hanya sekedar ingin punya hubungan saja (biar nggak di bilang jomblo,terkadang suka ngomong pacar orang pacar saya juga,tapi pacar saya bukan pacar orang haha),apalagi jika hubungan tersebut tidak pernah di dasari dengan kata ‘’komitmen’’.

51-Sad-Breakup-Quotes-That-Make-You-Cry.jpg

Jika kita menginginkan hubungan yang ideal,kita haruslah membuat komitmen,sebuah komitmen akan menentukan perjalanan kisah hubungan kita di waktu ke depannya,baik itu hubungan yang terjalin singkat ataupun hubungan yang akan terjalin lama.Bila hubungan tidak memiliki komitmen maka hubungan tersebut akan cepat roboh,seperti pondasi yang kekurangan semen,akibat dari kekurangan semen dalam membuat pondasi akan timbul masalah dimana semua pekerjaan yang telah selesai di bangun akan hancur dalam waktu sekejap karena goncangan yang kecil alhasil semuanya runtuh sia-sia hingga kita harus menata ulang kembali dengan memperhitungkan semuanya dengan cara yang lebih akurat,begitupun dengan sebuah hubungan.Jika hubungan tidak di bangun dengan sebuah kata komitmen maka hubungan tersebut tidak akan berjalan lama.

                                                          mengetahui-kecocokan-dengan-pasangan-oleh-Asmara-SegiEmpat.jpg

Berbicara soal hubungan saya pernah menjalin sebuah hubungan dengan seseorang yang satu sekolah dengan saya,bahkan bukan hanya satu sekolah tetapi juga satu kelas.Kami bersekolah di SMK N 6 padang dalam jurusan tata boga yaitu jurusan yang ruang lingkupnya belajar,prakktek memasak,and service(look at picture) begitu seterusnya.

 

page.jpg

Jurusan tata boga memiliki 5 kelas dari XII jb1 hingga XII jb5,saya adalah siswa dari kelas XII jb2,setiap kelas memiliki siswa laki-laki dan perempuan.Di kelas XII jb2 hanya memiliki 3 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan(coba tebak saya yang mana,saya yang paling mini nomor 3 dari guru, saya memakai rompi,kenalan yuk,mana tau kita jodoh *promosi.Kalau di hitung perempuan di foto kurang 1 karena saat itu dia sakit jadi dia tidak ikut berfoto ) .

                                                            bn.JPG

Hubungan saya berawal saat tahun ajaran 2016

                                                             B612_20160310_081913.jpg

Tahun 2016 yang lalu awalnya kam hanyai menjalin hubungan pertemanan,saat masuk tahun ajaran baru ada siswa dari jurusan lain yang menyukai teman saya namanya afif,dia ini cukup tampan serta lugu-lugu dan sedikit lucu seperti nenek yang lagi minum susu,dia polos seperti kepala yang belum di tumbuhi rambut atau disebut bocin yang panggilan akrab nya botak licin,jarang pacaran,dia sering berkumpul dengan siswa perempuan karena di jurusan tata boga rata-rata siswa  nya adalah perempuan,ada yang frontal ngomong ke dia kalau adik kelassuka padanya,ada juga yang minta nomor handphone,ada juga yang minta pin bbm dia sayangnya dia tidak memiliki hp android melainkan handphone kalau di padang namanya ‘’pangganja oto buso’’ jika di Indonesia kan ‘’pengganjal truk fuso’’ agar tidak meluncur ke jurang wkwk jadi intinya handphone dia hanya handphone biasa yang tebal seperti batu bata cocok untuk lempar maling,dia kalah sama anak sd zaman sekarang,anak sd zaman sekarang semua serba canggih,handphone sudah android,pulang sudah ada yang di jemput sama pacarnya,ini kejadian di dekat sekolah karena sekolah saya bersebelahan dengan sebuah sd.

Hari demi hari adik kelas yang frontal tadi selalu menemui dia saat jam istirahat,karena jam istirahat afif selalu berkumpul dengan saya dan teman-teman yang lainnya,kami terkadang sering risih dengan kedatangan adik kelas yang mengganggu kebersamaan kami,karena kami merasa risih teman-teman pun membuat rencana kotor untuk mengatakan bahwa saya punya hubungan special dengan afif(ini penipuan terbesar yang pernah saya lakukan,maafin ya allah) saya pun ikut mengambil peran untuk membahagiakan teman yang membuat rencana penipuan,takutnya kalau saya mennolak dia bakalan nangis kan saya nggak punya duit buat beli permen soalnya dia kayak bocah sd yang manja-manja gimana gituh,padahal umurya sudah mau masuk kepala dua,saya pun berpura-pura menjalin hubungan atau pacaran dengan afif padahal sebenarnya saya tidak memiliki huubungan apa-apa selain hubungan pertemanan.

                                                            IMG20160930113657.jpg

Sejak saat kami menjalin hubungan kebohongan adik kelas sudah tidak berani mengganggu waktu berkumpul kami,Waktu ke waktu pun berlalu hubungan yang palsu itupun telah berakhir tetapi teman-teman sekelas yang tidak terlalu dekat dengan saya pun merasa heran dan melemparkan banyak pertanyaan tentang saya dan afif,karena saya dan afif memang terlihat seperti orang pacaran tanpa adanya kebohongan maklumlah karena kami so sweeat eaa,ternyata afif mendengar pembicaraan teman nya,dia pun menjawab bahwa dia memang punya hubungan dengan saya,saya sempat heran tapi afif memberi isyarat pada saya dengan cara menganggukkan kepalanya pada saya,saya tidak mengerti ,ternyata saat waktu istirahat afif membicarakan isi hatinya pada saya,sejak itulah saya resmi memiliki hubungan dengan dia,ternyata di antara kami telah timbul benih-benih cinta yang berawal dari kebohongan,ternyata kebohongan bisa berbuah manis??

                                                          B612_20160721_093353.jpg

Tetapi hubungan kami tidak bertahan lama,karena saya melihat dia bersama dengan mantan dia yang sebelumnya,saya tidak berbicara sepatah katapun padanya bahwa saya melihat dia bersama mantan nya di depan kelas lantai 2,sebenarnya dia memang tipe orang yang sangat akrab dengan mantan ,teman,dan guru ,tetapi saya tidak suka jika berada di keadaan seperti ini jujur saja saya merupakan tipe yang over posessif,kemudian di keesokan harinya saat saya berada di sekolah saya berkata kepada afif ‘’nanti kita bicara ya,ini serius’’ dan afif pun menjawab ‘’oke beb’’,bel istirahat berbunyi teng.. teng… teeng… afif segera menghampiri saya ke bangku  dimana saya duduk saat itu,dia bertanya ‘’kamu mau bicara apa beb?’’ saya dengan wajah h2c yakni harap-harap cemas mengatakan ‘’maaf kita harus putus,karena aku takut nanti nilai kita hancur karena kita terlalu sibuk dengan hubungan kita’’(padahal sebenarnya bukan ini alasannya) afif pun hanya terdiam dan saya bergegas meninggalkan afif lalu beranjak ke posisi teman saya yang lain,sejak itulah saya tidak memiliki hubungan yang special lagi dengan afif atau bisa di bilang sudah putus hubungan percintaan

                                                          Broken-heart-two-part-heart-wallpaper-770x470.jpg

Semua itu telah sirna hubungan kami telah berakhir,walaupun hubungan kami telah berakhir,sillaturahmi tidaklah pantas untuk ikut di akhiri,sebab menjalin hubungan cinta memanglah indah tetapi menjalin sillaturahmi yang baik dengan semua orang termasuk dengan orang yang dimana kita pernah menjalin hubungan dengan nya lalu kandas di pertengahan,tapi kita tetap menjaga dan menjalin hubungan persaudaraan dengan baik tanpa memikirkan hubungan yang telah berlalu,karena masa lalu bukanlah hal yang pantas untuk di sesali ataupun dicaci dan juga bukan untuk dilupakan,masa lalu memiliki arti yang sangat penting sebagai pembelajaran untuk kedepannya agar kita bisa lebih bersikap sewajarnya dan tidak mengulang kesalahan yang sama di hubungan yang selanjutnya.Saya tetap bisa sekedar tertawa bersama :D tanpa memikirkan masalah yang telah berlalu dan menjalin persahabatan,hanya sedikit orang yang bisa merubah hubungan cinta menjadi persahabatan,saya bersyukur dan beruntung dalam keadaan ini.

                                                         IMG_20161003_194043.JPG

Kami melewati hari-hari seperti orang yang tidak pernah memiliki maslah,dan bukan seperti sepasang kekasih yang pernah menjalin hubungan.Kmai menjalin sillaturahmi-tertawa-bahagia-gila-gilaan.

SILATURAHMI.png

Bagi saya mantan adalah sesorang yang pernah ada di kehidupan saya dalam waktu sesaat layaknya seperti air mineral,saya berbicara seperti ini karena pernah terjadi kejadian di sekolah,saat istirahat saya lagi minum air mineral dimana cuaca pada saat itu sangatlah panas karena paparan cahaya matahari terasa langsung sampai pada kulit tanpa adanya perantara,air mineral tersebut ada manis-manis nya gitu *promo,tiba-tiba dari belakang datanglah seorang teman yang tidak saya ketahui asalnya dari mana ,entah dia berasal dari surga,dari selokan ataupun dari rumahnya,apakah dari khayangan ataukah dari toilet? Dia membuat saya kaget dengan mendorong badan saya dari belakang,teman saya ini memang orang yang suka SMS( Senang Melihat saya usah,Susah Melihat saya Senang) tapi dia tetaplah teman saya,dan pada akhirnya air yang baru di minum tadi pun tumpah ke bawah yaiyalah ke bawah kan kalo ke atas bukan air tumpah lagi namanya tapi air minum,padahal kan airnya baru sedikit di minum,air yang tadinya sangat  dibutuhkan akhinya habis dan cuma meninggalkan rasa manis di tenggorokan yang hanya memberi kesegaran beberapa menit,beberapa menit? Itu adalah waktu yang hanya sesaat.Sesuatu yang ada hanya untuk waktu sesaat tidaklah lucu,oleh karena itu bagi saya mantan seperti air mineral,Mantan hanya memberi rasa bahagia dalam waktu yang sesaat.Saya berfikir kenapa mantan hanya memberikan rasa manis dalam sesaat?andai bisa minta recuest sama Allah,pasti semua orang bakalan recuest di berikan  pacar atau pasangan yang tidak akan pernah menjadi seorang mantan,tapi sayangnya takdir berkata lain,dan Allah sudah nentuin pasangan yang terbaik untuk umatnya ,bukan pasangan aja tetapi semuanya.

Saya sering membandingkan mantan dengan siapa saja yang bermaksud untuk motivasi dan biar dia peka dengan apa yang di bicarakan terkadang hanya untuk sekedar lucu-lucuan jika terjadi keadaan yang menyedihkan saat galau karena mendapatkan nilai Ulangan Harian yang pas-pas KKM,pas KKM itupun jarang di dapati karena lain yang di suruh hafal lain soal yang keluar,keadaan yang paling nyeees adalah dimana soal hanya 5 buah tapi jawaban nya 1 soal lebih dari 1 lembar karena sering nalar semua isinya disana kadang saya merasa terharu mau loncat dari bawah ke atas tapi tidak pernah bisa karena postur tubuh saya yang tidak memadai huhu alhamdulillah.Saya,teman-teman dan mantan juga sering sedih dengan nilai yang seperti itu,di daerah padang jika nilai merah itu akan disebut dengan sebutan nilai ‘’lado’’ yang jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia yaitu nilai  ‘’cabe’’ .Sakit itu saat temen nge judge bilang nilai kami kayak cabe-cabean yang banyak bewarna merah,hingga di suruh jual nilai karena di padang harga lado mahal,nilai itu di jual di pasar bakalan dapat duit,ini adalah kalimat sindiran yang cetar mambana melewati garis khatulistiwa matahari dan juga ramayana,disanalah keadaan dimana saya ingin meminum baygon,keadaan nya panas bikin sport jantung kalau udah denger teman yang bicara seperti itu ,padahal nilai mereka pun tidak tuntas hahaha,tong kosong nggak ada bunyinya,tapi saat ujian kami berpacu dalam melodi mati-matian untuk menghafal ada yang bikin jimat kecil-kecilan(contekan di tangan,hp,maupun meja dikelas,maklum kalian pasti juga pernah seperti itu,berarti masa sekolah kalian indah haha),ada yang nyontek sana sini juga,tetapi tetap ada beberapa yang jujur,akhirnya nilai yang kami dapatkan juga sering memuaskan.

Siang hari dimana hari itu adalah hari selasa pada pukul 15.25 pulang sekolah saya dan teman-teman membuat janji dengan mereka bahwa akan berkumpul di belakang sekolah,karena dibelakang  sanalah posisi kantin,eh eh kok gitu sih *ooops ternyata mantan saya juga ada di sana,kami pun bergabung ,walau sudah menjadi mantan,yang namanya sillaturahmi itu bukan hanya dijalin saat adanya sebuah hubungan pacaran, tapi jalin lah sillaturahmi itu pada setiap mantan atupun musuh sekalipun,saya menerapkan sikap bahwa tidak bermanfaat  jika kita putus hubungan kekasih dan putus juga hubungan persaudaraan dan menciptakan permusuhan,itu lagu lama udah basi juga karatan yang tidak ada nilai bebet,bobot,bebek nya juga,lalu masing-masing memesan makanan yang mereka inginkan,menu yang kami pesan yaitu nasi goreng pakai mie nama pentas nya yaitu minas ada soto,mie plastik karena di letakkan dalam plastik disana fikiran saya selalu muncul gimana kalau si mie gelas ini bisa berbicara?pasti si mie sudah marah-marah karena seenaknya ganti nama dia dari mie gelas menjadi mie plastik,kalau memang begitu apa yang akan terjadi?mungkin si mie yang awalnya kriting jadi rebonding jadi mie lurus karena capek marah-marah tapi tidak ada yang mendengarkan,saya emang suka mikir dengan majas personifikasi karena sangat menyukai bahasa Indonesia,jadi saya terapkan ke kehidupan hehehe..

Setelah pesanan nya siap lalu di antar sama ibu penjaga warung kami semua dengan lahap menikmati makanan masing-masing,terkadang salah satu suka mengambil punya teman sedikit untuk mencoba rasa maklumlah jika kami hanya di beri uang pas-pasan sama ayah dan emak cuma untuk biaya transportasi dan makan seporsi,ada lebih palingan untuk fotocopy modul pelajaran nah uang jajan sama kayak tampang kami semua yakni pas-pasan huuuuh,saat semua makanan sudah hampir habis saya pun mengeluarkan banyolan dengan tampang polos,lugu,suci tanpa dosa kayak bayi baru lahir nanya ke teman-teman itu dilakuin di  hadapan mantan ,saya bilang‘’tau nggak apa bedanya mantan sama emak saya?’’ teman-teman bilang kalau mereka tidak mengetahui alasannya,saya kasih jawaban kalau mantan itu pernah mengisi ruang hati sedangkan emak selalu mengisi uang saku,makanya saya lebih sayang sama emak dari pada sama mantan wkwkw.Mantan juga selalu memberi canda tawa di setiap harinya contohnya saat lagi sedih pasti dia mencoba untuk membuat saya kembali tertawa dengan menjeek-jelekan wajah nya padahal wajahnya memang sudah jelek tapi sok di jelek-jelekin heheh tapi mantan saya juga ganteng dikitlah tidak terlalu jelek untuk gadis seperti saya yang juga jelek (tapi nggak terlalu jelek juga),cantik itu sangat indah tapi jelek tetaplah indah karena saya ingin membela diri.Kami memang jelek,ini bukan merendahkan diri sendiri tapi inilah fakta,kami hanya akan indah jika kami menggunkan camera yang luar biasa yang membuat semua noda di wajah hilang s kayak wajah habis di  cuci dan di setrika muluuuuuuuuuuuus men,jadi jangan sampai tertipu dengan foto wkwkkw.

                                                                  B612_20160310_081652.jpg

mantan memberi warna yang indah di hati karena tingkah laku yang dia lakukan,mantan juga orang yang menciptakan kesederhanaan di hubungan,gimana tidak di bilang memberi kesederhanaan?ini mantan yang paling sederhana saking sederhananya,dia selalu ngajak jalan di pantai HANYA untuk melihat ombak( tanpa segelas minuman aduh miris memang).mantan juga  memberi kenyamanan yang dimana dia selalu memberi semangat serta selalu ada di setiap keadaan contohnya di keadaaan yang lagi tidak  punya uang untuk membeli makanan pasti dia selalu hadir dan mengajak saya untuk makan di kantin ,saya sangat bahagia jika seperti itu wah wah enak enak enak,tapi saya bahagia ini bukanlah karena saya seorang yang  matre tapi bahagia karena perut saya yang nendang-nendang seperti genderang yang mau perang akhirnya terisi hehe,karena kalau saya tidak memliki uang berarti saya sedang bokek,bokek itu memang tidak enak,sampai ingin makan permen saja patungan sama teman,bokek memang tidak enak sama sekali tapi lebih tidak enak lagi kalau tidak punya uang!mikir

Mantan pernah memberi kenangan-kenangan indah,oleh karena itu janganlah memutuskan hubungan sillaturahmi dengan seorang mantan hanya karena hubungan percintaan tidak berjalan begitu mulus,ingatlah mantan,mantan tetap memiliki cerita maju mundur cantik :) mantan jangan lupa bahagia! Eeeits jangan lupa tetap jaga kegilaan kita :D hahaha

 

                                                              IMG_20160721_173254.JPG

Sekian artikel perjalanan dengan tema mantan,terima kasih telah membaca artikel ini,assalamualaikum wr.wb ~
*Tak ada yang bersifat karangan dari artikel di atas,atau fiktif belaka karena ini semua real apa adanya dari kehidupan saya ^-^

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini