Mitos Di Tahun 90-an Sempat Jadi Heboh di Masyarakat, Percaya Gak Sih?

 Mitos Di Tahun 90-an Sempat Jadi Heboh di Masyarakat, Percaya Gak Sih?
06:58 January, 15, 2017 . by sandi suhendi

Mitos ini bisa jadi fakta atau juga sekedar rekaan. Semua terserah masing-masing mau percaya atau gak juga, Berikut ini akan saya tampilkan mitos-mitos di tahun 90-an yang sempat jadi heboh di Indonesia. Sebagian besar sih dari kalian mungkin pernah terlibat dalam beberapa mitos berikut ini.

MR. GEPENG 

Ini merupakan salah satu mitos tahun 90an yang paling hits yaitu keberadaan sosok bernama Mr. Gepeng. Sosoknya sih digambarkan mirip Slenderman yah. Cuman kabarnya beliau laki-laki yang tewas terjepit lift, makanya jadi gepeng kasiann wk. Ada juga yang bilang dia tewas gara-gara kelindes bulldozer. Katanya sih dia muncul kalo kita mengetuk pintu kamar mandi sebanyak tiga kali atau bisa juga menelpon nomor 8888. Katanya kalau dapat telpon misterius itu sekeluarga bakal meninggal. Berkat mitos ini banyak anak SD oun yang takut ke kamar mandi sendirian. 

PULPEN - PENGHAPUS WANGI NARKOBA

Waktu saya sekolah dulu (cie anak jadul) sempet beredar isu kalo banyak pulpen atau penghapus yang wanginya itu mengandung narkoba. Begitu kalian mencium wanginya bisa bikin ketagian deh langsung. Yah namanya juga anak SD sih ya yang masih polos end lugu ini jadinya ngeri gitu deh padahal lagi zaman banget tuh yang wangi stroberi. 

KIAMAT 9.00 - 9 – 9 – 1999

Sebelum heboh atas isu kiamat tahun 2012 ini, sempat juga dikabarkan kiamat tahun’99. Pada waktu itu diramalkan jika bumi bakal hancur tepat pada jam 9 tanggal 9 bulan 9 tahun 1999. Isu itu juga langsung diamini oleh seorang Imam Mahdi Syamsuri yang sempat meramalkan bahwa pada tanggal 9 September 1999 merupakan hari kiamat. Nyatanya, sebelum kiamat ini benar-benar terjadi, Imam Mahdi Syamsuri malah merasakan “kiamat” sesungguhnya dimana ia di borgol polisi dan dihukum 11 bulan penjara.

BERCAK PUTIH DI KUKU 

Kalo kamu punya bercak putih di kuku jari tangan kananmu, maka selamat! banyak orang yang naksir Ciri-cirinya sesuai letak si bercak itu. Misalnya di jari tengah nih ya, orangnya tinggitapi kalo kalo di kelingking orangnya imut-imut. Sebaliknya, kalau di jari kiri ada yang nggak suka sama kamu. Yah namanya juga mitos sih ya

PENSIL SEIBU JARI 

Sebelum pensil mekanik jadi idola ini, pensil yang diraut jadi pegangan. Tapi malah anak 90-an mayoritas ngeri kalo pensilnya udah sependek ibu jari. Konon katanya kalo ibunya akan meninggal atau kelak anaknya bakal seukuran ibu jari  Makanya kalo pensil udah pendek nih ya pendek banget mending dibuang atau pinjem temen

BUKA AYUNG DALAM RUMAH

ya namanya juga mitos mau percaya apa gak juga sebenarnya sih semua itu kembali kepada diri sendiri, cuman ini point yang emang konon katanya kalo emang ada orang yang buka payung di dalam ruangan itu bakalan ada orang atau sodara kita yang meninggal. saya pastikan sih hal itu cuman kebetulan saja.

BULU MATA RONTOK

Mirip-mirip sih sama bercak di kuku nih. Kabarnya kalo ada bulu mata yang rontok dari mata kanan nih ya, tandanya ada yang kangen nih sama kamu. Kalau dari mata kiri ada yang lagi ngomongin kamu. terus Inisialnya dari tanggal jatuhnya si bulu mata. Misalnya sekarang tanggal 13, berarti yang kangen berinisial alphabet ke-13 yaitu M!

NENTUIN ANAK PAKAI NADI TANGAN

Kalo ini mitos paling kocak sumpah asli. Jadi setelah dimantra-mantarin gitu nih (Saya lupa mantranya apa) lalu nadinya dilihat. Nah dari situ jumlah anak kita langsung ‘diramal’. Entah apa yang dilihat pokoknya nih yah waktu itu saya diramal anaknya 2  Gatau deh bener apa gak orang skripsi aja belom haha

HANTU KOLOR IJO 

Kali ini berhubungan sama hal mistis nih. Di penghujung tahun 99 itu atau memasuki tahun 2000an sempat digegerkan dengan isu keberadaan hantu atau siluman apalah itu yang disebut Kolor Ijo nih. Katanya sih laki-laki yang pake celana hijau ini hobi nyari mangsa perempuan cantik kalo ga anak kecil yang suka keluyuran magrib. Cara menanggulanginya dengan memasang bamboo kuning di depan rumah. 

SUSAN MENINGGAL 

"Susan, Susan, Susan. Kalau gede, mau jadi apa???”
Siapa sih anak 90an yang gak kenal Susan? Dulu seneng banget kalau bokap muter kaset Susan ihi. Sempet beredar gossip kalau Susan itu udah mati (padahal emang boneka -_-). Banyak yang bilang Susan dibunuh sama Kak Ria, ada juga yang bilang dia itu diculik. Entah kenapa dulu saya percaya aja gitu terus merasa kasian sama si Susan

TELETUBBIES 

Teletubbies ini merupakan salah satu dari acara tv populer yang berisi empat tokoh Tinky Winky, Dipsy, Lala, Po. Mereka itu hidup berdampingan dan bahagia. Sempat laris manis tuh pernak-perniknya mulai dari topi, tas, baju, sampai boneka. Tapi di balik tingkah lucu para Tubbies ini, ternyata ada isu seram nya yang menyertainya. Konon sempat beredar gosip di kalangan anak SD bahwa pemeran Po itu meninggal dikarenakan kostum yang ia gunakan itu gak bisa dibuka alias terjebak dan sesak nafas di dalam kostumnya. Ngeri banget deh bray. Sempet kemakan isu itu gak?

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini