Udah Tau Belum Kisah Pabrik Tjipetir Yang Mendunia? Sini Simak!

Udah Tau Belum Kisah Pabrik Tjipetir Yang Mendunia? Sini Simak!
02:45 February, 20, 2018 . by tauffik hermawan

Pabrik Tjipetir berdiri pada tahun 1885. Berdirinya pabrik ini adalah dampak dari disahkannya UU Agraria tahun 1870. Undang-undang tersebut merupakan titik di mana Cultuur Stelsel atau kita kenal dengan sistem tanam paksa (1830-1870) berakhir. Dengan disahkannya UU agraria 1870, jalan bagi pengusaha swasta terbuka bebas, sehingga para pemilik modal bisa menjalankan usahanya di Hindia Belanda (Indonesia).

Pabrik Tjipetir ini pernah mendunia loh! lewat lempengan balok bertulisan Tjipetir pabrik ini sempat menghebohkan dunia, Ini dia kisahnya!

Awal mulanya itu pada musim panas 2012 lalu, Tracey Williams sedang berjalan di pantai dekat rumahnya di Cornwall, Inggris, ketika dia melihat benda persegi bertuliskan ‘Tjipetir’. Ketika disentuh, benda tersebut terasa kenyal seperti karet. 

Didorong rasa penasaran, williams pun membuat sebuah riset. Tulisan‘Tjipetir’ternyata berasal dari sebuah daerah dekat Sukabumi, Indonesia. Di sana, saat Belanda masih menjajah Indonesia, terdapat sebuah perkebunan karet yang menghasilkan blok-blok persegi.

Temuan itu kemudian diunggah Williams di laman Facebook. Lambat laun banyak orang datang berkunjung ke laman itu dan melaporkan bahwa mereka menemukan blok Tjipetir. 
Tak hanya di inggris, ternyata lempengan balok bertulisan Tjipetir juga ada di Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Tentunya semua orang jadi penasaran tentang asal muasal balok persegi bertulisan tjipetir itu dan menimbulkan banyak misteri. Dan salah satu surat kabar prancis mengemukakan pendapat yaitu:


"bahwa Titanic membawa benda ini. Saya memeriksa manifes kapal Titanic dan menemukan bahwa memang kapal itu membawa benda karet. Spekulasi pun berkembang setelah berita ini tersiar,”


Namun, pada musim panas 2013, Williams menemukan sebuah terobosan.

Dia dihubungi secara terpisah oleh dua orang, yang tidak ingin diungkap identitasnya. Keduanya merujuk sebuah kapal sebagai sumber blok Tjipetir, yaitu Miyazaki Maru.

Kapal asal Jepang itu ditenggelamkan kapal selam Jerman, U-88, yang dikomandani Kapten Walther Schwieger, pada 31 Mei 1917.

Akibatnya, Miyazaki Maru karam 241 kilometer sebelah barat Kepulauan Scilly, antara Inggris dan Prancis.

Fakta itu diamini Alison Kentuck, seorang pejabat Inggris yang menangani kapal karam di perairan Inggris. Menurutnya, blok-blok itu berasal dari Miyazaki Maru.

Nah itulah kisah sejarah pabrik Tjipetir, Tapi masih belum jelas kenapa balok bertulisan Tjipetir bisa bertebaran di berbagai negara, banyak peneliti yang masih berbeda pendapat, kisah itupun masih menjadi misteri hingga sekarang. 

Kalo kalian penasaran sama keadaan pabrik tjipetir saat ini, simak video berikut!

 

Menurut Kalian Gimana?

Penjelasan

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini